Pengantar Teknologi Sistem Cerdas
Pengantar
Teknologi Sistem Cerdas merupakan salah satu cabang Ilmu pengetahuan yang
berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan suatu masalah yang rumit
dengan cara yang lebih manusiawi. Pengantar Teknologi Sistem Cerdas adalah
serangkaian system yang di bangun manusia untuk memudahkan pekerjaan manusia
dengan mengandalkan mesin atau sebuah program yang terkomputerisasi. atau biasa
disebut dengan kecerdasan buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu
sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau kecerdasan entitas ilmiah.
Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan
dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan
seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan
kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika
fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Sejarah Teknologi Sistem Cerdas di
Indonesia
Pada tahun 1940an, Teknologi Sistem Cerdas di temukan.
Teknologi sistem cerdas terus berkembang dan kemudian sampai ke Indonesia, pada tahun 1960an komputer
diperkenalkan di Indonesia, hal ini dipengaruhi oleh perkembangan Sistem Cerdas
yang ada di belahan dunia, dengan membuat beberapa sistem cerdas yang dapat
membantu pekerjaan sehari hari, misalnya komputer yang sudah menggantikan
penulisan dokumen pada mesin ketik, Telepon rumah yang kemudian digantikan oleh
smartphone pada era teknologi maju seperti sekarang ini, dan masih banyak
contoh lainnya. Di bawah ini adalah sejarah perkembangan Sistem Cerdas /
Kecerdasan Buatan di dunia :
No
|
Tahun
|
Deskripsi
|
1
|
1206
|
Robot
humanoid pertama karya Al-Jazari
|
2
|
1796
|
Boneka
penuang the dari jepang bernama Karakuri
|
3
|
1941
|
Komputer
elektronik pertama
|
4
|
1949
|
Komputer
dengna program tersimpan pertama
|
5
|
1956
|
Kelahiran
dari Artificial Intelligence pada Dartmouth conference
|
6
|
1958
|
Bahasa
LISP dibuat
|
7
|
1963
|
Penelitian
intensif departemen pertahanan Amerika
|
8
|
1970
|
Sisem
pakaer pertama diperkenalkan secara luas
|
9
|
1972
|
Bahasa
Prolog diciptakan
|
10
|
1986
|
Perangkat
berbasis AI dijual luas mencapai $425 juta
|
11
|
1994
|
AC
berbasis Neuro fuzzy dijual
|
12
|
2010
|
Sistem
kecerdasan buatan untuk Pesawat komersial BOEING 900-ER ramai digunakan
|
13
|
2011
|
Service
Robot untuk restoran berhasil dibuat di Indonesia
|
14
|
2012
|
Sistem
Pakar Troubleshooting Komputer berbasis Fuzzy dan Self Learning
|
15
|
2012
|
Sistem
immune pada Deteksi spam diciptaka
|
Penerapan Teknologi Sistem Cerdas
dalam kehidupan sehari-hari
Dalam modern
seperti sekarang ini sudah banyak macam teknologi system cerdas yang bisa kita
temukan di sekeliling kita, bahkan tanpa kita sadari kegiatan sehari-hari yang
kita lakukan merupakan penerapan teknologi system cerdas, contohnya : Bermain
Video Game, merupakan hobi yang tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari
dan berfungsi untuk menghibur, game-game yang dibuat di tahun 2016 merupakan
game-game yang mempunyai grafik visual yang sangat realistis yang kemudian di rilis untuk berbagai platform seperti PC,
Sony Playstation, Microsoft Xbox, dan lain-lain, dalam bermain video game
tersebut para user tidak hanya merasakan sensasi visual di depan layar TV atau
monitor, di tahun 2016 ini sudah ditemukannya suatu perangkat yang membawa para
user seakan-akan memasuki dunia virtual di dalam game tersebut, yaitu Virtual
Reality, dengan perangkat ini user di ajak bagaimana merasakan sensasi visual
di dalam dunia virtual secara nyata.
No comments:
Post a Comment