Thursday, January 12, 2017

SISTEM TRANSPORTASI CREDAS



Post of Homework
Rabu, 04 Januari 2017
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEidwgar6e3PEiJ7qUBUuTEBfm4Be4JK_WFDOAKkHDkziuQBu6IXd6lZNwpuZ8TrC9ap7WBIrDSrhD0WVc6BhXBRArbA-Ye10_FMV_b0Td0Ct2ZV_98_EKcWYsmmINpalzy151ec7aJRFGE/s320/title.jpg
Sistem transportasi cerdas (ITS) adalah aplikasi canggih yang bertujuan untuk memberikan layanan inovatif yang berkaitan dengan berbagai mode transportasi, manajemen lalu lintas, memungkinkan berbagai pengguna untuk menjadi lebih aman, lebih terkoordinasi, dan penggunaan jaringan transportasi yang lebih pintar.

Sistem transportasi cerdas di Jepang
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiBk_I5rlE63K8OmghfDbXfLIs7FbwMc_q-1yhWxEaM2DsIezTl_FxJe4BdyYFK5YWuH-1jPbuaea1WticcX-619AgrqBa6-cXM68gfuiqeZOIUr630Z37DYfpWfZ6Mc5qcK-19rfJJFXA/s320/japs.jpg
Kemajuan dalam Sistem Navigasi
Sistem navigasi mobil telah tersedia secara komersial di Jepang sejak tahun 1989. Pada Maret 1996, sekitar 40 model yang berbeda telah dijual oleh 25 perusahaan yang berbeda. Total penjualan sekarang sudah lebih dari satu juta unit. Namun, perlu diketahui bahwa hampir dari semuanya adalah sistem yang berdiri sendiri dan tidak memiliki fungsi real-time untuk menerima informasi tentang kemacetan lalu lintas atau kecelakaan. Versi terbaru, yang disebut Informasi Kendaraan dan Sistem Komunikasi (VICS), sudah dapat menerima informasi tersebut. VErsi ini dirilis pada tanggal 23 April, 1996. Sekitar 600 beacon telah berada di sepanjang tol tersebut.

Sistem Tol otomatis
Jepang memiliki sekitar 8.530 kilometer jalan tol. penelitian kolaboratif sekarang tengah berlangsung antara sektor publik dan swasta untuk menghasilkan sistem pengumpulan tol otomatis umum untuk semua jalan tol di Jepang. Latihan ini menggabungkan upaya Kementerian Konstruksi, empat perusahaan publik terkait, dan 21 perusahaan swasta. 21 perusahaan termasuk AT & T, Amtech, AT / Comm, dan IBM Jepang.

Safe Driving Assistance
Dalam bidang ini, penelitian telah dilakukan di bawah nama Keselamatan Kendaraan (ASV) oleh Departemen Perhubungan, Smart Super Vehicle System (SSVS) oleh Kementerian Perdagangan Internasional dan Industri, dan Automated Highway System (AHS) oleh Departemen Konstruksi.

Optimasi Manajemen Lalu Lintas
sistem kontrol lalu lintas telah digunakan di Jepang selama beberapa waktu untuk mengatasi masalah yang terkait dengan arus lalu lintas yang padat. Sekarang, Jepang juga berusaha untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan lingkungan melalui penggunaan cara yang paling tepat manajemen lalu lintas, termasuk kontrol sinyal, informasi lalu lintas ke unit di dalam kendaraan, prioritas untuk kendaraan angkutan umum, sistem panduan rute dinamis, pemantauan kendaraan komersial, informasi jalan memutar yang lebih baik, dan sinyal pengendali untuk mengurangi polusi lalu lintas.

Sistem transportasi cerdas di Korea
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjILca4hOUb_qy1jiZhHyTM2I2UZMCHEjLu8nCFPqwmtMIlh5P4DmWBv_1ugzwij3iXiyEyPcP-thQ2sPIXTy-z0YB1EyfbJu34uPIFewkpP4aGBCnyKw227WVnZwHT0Zxj1FEu5s7_owU/s320/korean.jpg
Subway Management System
Seoul Metropolitan subway memiliki sistem manajemen yang baik pada ke 6 buah jalur di sekitar seoul yang mana mengangkut 6 juta penumpang per harinya.

Automatic speed limits change
Motor expressway yang dapat mengganti batas kecepatan kendaraan secara otomatis disesuaikan dengan keadaan lalulintas.

GPS systems
17 juta mobil uang registrasikan dengan GPS yang secara terus menerus mendapatkan update tentang perkiraan keterlambatan dan jalur alternatif.

Fiber-optic lines transportation systems
Sejak tahun 2011, lebih dari 3500Km jalur telah di pasang dengan fiber-optic lines yang memungkinkan komunikasi berkecepatan tinggi.

Sistem transportasi cerdas di Indonesia
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiD-XZa2BN2ar6NonwHzs42iNGA_N7KWssc97M7SFUUko7JNLszKzXQrokjhylZg075WaM_lvZVVsocJKAcHPG9lZ2I-vM57a6iI3DHIHIJD1v99BNVicamO7PNMIM3uFhuP23z_-ibYTE/s320/img_2797.jpg
(Electronic Road Pricing / ERP)
Sistem ini merupakan salah satu alternatif utama untuk mengurai kemacetan, terutama di jalan protokol Jakarta. Penerapan ERP dimaksudkan mengubah perilaku berkendara warga, dari penggunaan kendaraan pribadi beralih ke transportasi publik. Penerapan ERP lebih ditekankan pada perubahan perilaku pengguna kendaraan pribadi dengan prinsip purpose driven road usage, atau penggunaan jalan berdasarkan tingkat kebutuhan/kepentingan. ERP memungkinkan kontrol atas penggunaan kapasitas jalan sehingga tetap optimal. Tarif ERP dapat disesuaikan kondisi rata-rata kecepatan dan kepadatan jalan. Menurut salah satu riset, penurunan kemacetan sebesar 25% dapat meningkatkan mobilitas hingga 100%. Hal ini juga sangat berdampak cukup signifikan pada penurunan tingkat emisi dan konsumsi bahan bakar. Teknologi Road User Charging seperti ini juga dapat menjadi alternatif utama modernisasi sistem pembayaran jalan tol menuju ke arah MultiLane Free Flow Electronic Tolling System.
Minggu, 04 Desember 2016
Kelebihan dan Kekurangan Sistem Cerdas dalam Komunikasi Data

A. Kelebihannya Komunikasi Data dalam kehidupan sehari-hari yaitu antara lain dapat dipergunakan untuk membantu pekerjaan manusia seperti:

1) Penerapan Pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Kesehatan
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7qgVJV8lQPd9RP83R1D-yS1VPc9KtdGvkPxMosR89kOAq-5IUeLCcifxn_Ad6GuuxEaJnFwAWUunsBig_97yg7-6bMKcd2GhNiWyZj6w2SGzE6rsgpE9znnwMjrcUduCDQZkkZyaQq8g/s320/keset.jpg
Misalnya saja sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien serta digunakannya pula robot untuk membantu proses operasi pembedahan dan juga penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.

2) Penerapan Pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEic_ndPqs7cUgX8UmJ8Pk21B3oLw9pEWO4DiloToBp32YyWyhxtnBrhSqcbfqqOyK7FIsxi5jsH_P9K-Gm1JdmMofPpV9zzDIPNOShhqQaJs26kdUTmvReju7-xxuB2LXP7t0Eb2nUviWQ/s320/erp.jpg
Misalnya saja suatu perusahaan menggunakan penerapan Enterprice Resource Planning (ERP) yang merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan sehingga dapat membantu perusahaan dalam menjaga sistem manajemen di perusahaannya.

3) Penerapan Pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Perbankan dan Bisnis
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjHZ9fl4YrfwyYia9uGl3vRooVYhacjMBy3HO4JVN4s_0m988bg4pjZypTeiM0z4OEJMeJHcmT44RsmENROOAYuQBlKbcW2GAmSQTl7b3nrf4t5Yr0hIFEkdqaep7lUQW2ekLKjUj1R0G8/s320/ecom.jpg
Misalnya saja dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi digunakan untuk transaksi perbankan baik lewat internet atau yang lebih dikenal dengan Internet Banking maupun untuk melakuakan kegiatan lainnya seperti transfer uang, pengecekan saldo, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening Misalnya saja dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik dengan menggunakan jaringan komunikasi internet atau dikenal sebagai E-Commerce.

4) Penerapan Pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiBbsAuTXQQKQRCGLtkGSXIGYTBNJFbnxZDMLm_QoKhWn7TP67m_GDMS59oGTPoK1KYDIdlvZO4VYmdm2_MnwWzZLzoIOVxOCJM9B73_r5a0u4bXWXXAPbCIDipVboZb-NdBwF6DkWKixU/s320/eler.jpg
Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari wacana Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.


B. Kekurangan komonikasi data dalam kehidupan sehari-hari yaitu antara lain dapat dipergunakan untuk membantu pekerjaan manusia seperti:

1. Terjadinya kelemahan kekuatan sinyal karena gangguan cuaca maupun jarak yang jauh melalui medium transmisi.
2. Terjadinya delay distorsi karena kecepatan sinyal yang melalui medium berbeda-beda sehingga tiba pada penerima dengan waktu yang berbeda pula. Hal ini merupakan hal yang kritis bagi data digital yang dibentuk dari sinyal-sinyal dengan frekuensi-frekuensi yang berbeda -beda sehingga menyebabkan terjadinya intersymbol interference
3. Terjadinya noise yang merupakan tambahan sinyal yang tidak diinginkan yang masuk diantara transmisi dan penerima.

Pandangan terhadap sistem komunikasi data
dalam komunikasi data contoh seperti dalam dunia pendidikan dalam hal ini dalam pembelajaran menggunakan internet karna dengan internet itu semua bisa dicari untuk bahan pembelajaran atau dengan cara mengajar seperti e-learning yaitu belajar jarak jauh atau tanpa tatap muka. Dalam hal ini itu sangat efektif hanya tinggal mengakses menggunakan internet tapi jika sedang troble seperti server down atau koneksi bermasalah itu yg jadi kekurangan dalam komunikasi data hal ini juga sangat mempengaruhi dalam pembelajaran.
Minggu, 13 November 2016
Data Sekunder adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan peneliti dari berbagai sumber yang telah ada.

Kelebihan:
- Menghemat waktu dan biaya.
- Data relevan.
- Mudah didapatkan dengan waktu singkat.
- Daya cakup yang dapat berskala nasional dan internasional.
- Data dapat diperoleh di luar kemampuan periset.

Kekurangan:
- Data mungkin tidak akurat dan tidak konsisten.
- Data mungkin tidak dapat diakses.
- Data sekunder jarang dapat memenuhi tujuan proyek penelitian.
- Data yang dikumpulkan memiliki tujuan yang berbeda dengan tujuan penelitian yang dilakukan.

Data Sekunder dibagi menjadi:
- Internal
- Eksternal

Data Sekunder Internal merupakan data sekunder yang bersumber dari organisasi yang sama dengan periset.
Data sekunder internal terbagi lagi menjadi dua, yaitu:

- Ready to Use
Ready to Use adalah data sekunder yang dapat kita gunakan langsung tanpa harus diproses terlebih dahulu oleh periset.
- Requires Further Processing.
Requires Further Processing merupakan kebalikan dari Ready to Use, adalah data sekunder yang memerlukan proses terlebih dahulu sebelum bisa digunakan.

Data Sekunder Eksternal merupakan data sekunder yang bersumber dari luar organisasi periset.
Data sekunder eksternal terbagi menjadi tiga, yaitu:
- Published Materials
Published Materials adalah data sekunder yang dikumpulkan dari data-data statistik.
- Computerized Database
Computerized Database adalah data sekunder yang diperoleh secara terkomputerisasi.
- Syndicated Service.
Syndicated Service adalah data sekunder yang diperoleh dari organisasi yang telah menyediakan data yang diperlukan periset.

Computerized Database terbagi menjadi tiga, yaitu:
- Online
Didapatkan dari komputer yang terhubung dengan komputer lainnya.
- Internet
Didapatkan dari komputer yang terhubung dengan Internet.
- Offline
Didapatkan dari komputer yang tidak terhubung dengan komputer lain.

Yang terbagi lagi dalam 5 jenis database, yaitu:
- Bibliographics Databases, database yang memuat artikel.
- Numeric Databases, database yang memuat data numerik dan statistik.
- Full-text Databases, database yang tersusun dari teks-teks.
- Directory Databases, database yang memuat tentang individu, kelompok dan layanan.
- Special-Purpose Databases, database yang memuat informasi khusus yang memiliki tujuan spesifik.

Syndicated Service terbagi menjadi dua, yaitu:
- Household/consumers
Didapatkan dari masyarakat atau dari konsumer.
Melalui 3 cara yaitu:
- Survey.
- Mail Diary Panel.
- Electronic Scanner Services.

- Institutions
Didapatkan dari institusi-institusi.
Melalui 3 cara yaitu:
- Retailers.
- Whole Salers.
- Industrial Firms.
Minggu, 30 Oktober 2016
Dalam Bidang Pendidikan

Computer Assisted Instruction (CAI )
Intelligence Computer – aided Instruction (CAI) juga termasuk ke dalam lingkup kecerdasan buatan. Komputer ini digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar. CAI merupakan pengembangan lebih lanjut dari Computer Assisted Instruction (CAI ). CAI dapat diartikan sebagai penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. . CAI juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games).

Teknologi yang digunakan oleh Google

Masing-masing server google memiliki 12-volt battery untuk mensupply power jika terjadi masalah pada pusat listrik. Google telah menggunakan teknologi ini sejak tahun 2005, dimana data center ini telah di desain sedemikian rupa yang berukuran sebesar sebuah container yang didalamnya terdapat 1,160 server, dan untuk konsumsi daya, dapat mencapai 250 kilowatts.
Google ternyata telah lama fokus terhadap efisiensi energi yang kini mereka memberikan sedikit bocoran tentang pengalaman mereka. Bersamaan dengan terjadinya resesi mengakibatkan google harus menurunkan budget operation, ditambah lagi isu environmental dan harga energi yang terus meningkat membuat Google harus berubah menjadi efficiency evangelism, kata Urs Hoelzle, Google’s vice president dari operation division.
Akibat hal ini google harus memfokuskan data center mereka agar lebih efisien dalam hal menangani distribusi energi/daya, pendinginan, dan memastikan semuanya berjalan dengan benar dan efisien kata Chris Malone, yang terlibat dalam data center design and efficiency measurement. Google data center saat ini telah mencapai level yang efisien terhadap Environmental Protection Agency hingga 2011 tentunya dengan menggunaakn teknologi yang lebih maju.

Produk yang dihasilkan

1. Google Search
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjD7YrFusenbQfdVsXDKtlsd-WSbSceTxqLjw5TcKVDyDP9q-65MYMGuoXFccsvU6cjNXqF_yaWnH3AsDpXTyeHrl_haMc9uwTvvXL_kY3851sIvfwEfEPLzMJLljsFfVL0SYrokLdj50Q/s320/gogs.png
Google search merupakan produk google yang paling populer, segala informasi yang Anda butuhkan akan dapat terpenuhi dengan mengakses Google Search ini. Karena kelengkapannya itulah menjadi alasan orang Indonesia menyebutnya dengan sebutan Mbah Google. Bahkan tidak sedikit browser yang meneteapkan Google search sebagai mesin pencari default-nya.
2. Youtube
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEieEgYvD9tLX_ugYpMnAOo4TAecfHSx39vTec5NZLkWvizs0UmPumOdvZ8Hwc5pkO32E-ak78KtDG5tfpW0Jtk0uUbTvoVmy1SvqNWwJ84jcy990xFgrm8CiqXEeU6lJMlhh011HKWLpss/s320/youtube.png
Youtube adalah salah satu produk Google yang dikhususkan untuk keperluan video share. Sudah banyak video yang diunggah di Youtube. Dari sekian banyak video yang berhasil diunggah di Youtube, tidak sedikit orang-orang yang berhasil terangkat namanya berkat video yang mereka unggah di Youtube. Beberapa diantaranya adalah Justin Bieber, Marie Digby, Andy Mckee, Esmee Denter, serta dari Indonesia sendiri yang lipsing yaitu Briptu Norman, Sinta dan Jojo.
Bukan tidak mungkin jika diwaktu yang akan datang Youtube dapat menggantikan peran televisi. Mengapa demikian? Sebab di moment-moment tertentu Youtube menyiarkankan acara secara langsung (Live Show), seperti siaran langsung pertandingan sepak bola, konser Beyonce, Maroon five.
3. Gmail
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiUrPHmNG6L8oGrJzg59p5gxCZKQpTm-himlEbFWlErmm0QOeptfMbfuprxQmBDS_qZJ8z0zJzJtU4suq3DUsHHV66mAhDQRRfwIy9uTxh4T1cSdKKqXCxNyBOY6wEYiht1-bUsQefV2Eo/s320/gmail.jpg
Gmail merupakan salah satu layanan dari Google Inc. yang diperuntukan untuk keperluan pengiriman dan penerimaan surat elektronik. Dengan kapasitas penyimpanan awal 1 GB per pengguna, Gmail berhasil meningkatkan standar penyimpanan gratis surat web dari 2-4 MB yang ditawarkan para pesaingnya pada waktu itu. Pesan pribadi, termasuk lampiran, dibatasi hingga 25 MB, lebih besar daripada layanan surat web lainnya. Gmail memiliki antarmuak berorientasi pencarian dan “tampilan percakapan” yang mirip dengan forum Internet. Sejumlah pengembang web mengakui Gmail adalah layanan pertama yang memakai bahasa pemrograman Ajax.
4. Blogger
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhnKmv3aeGMjRNY8GPdfXGSaYdiRm_3Gd8D1EHW2jP0sYx7uWWvapVsXv2BjOtuRkBZxyhvgMOavkLEHfC5toI6qjzxk4ylrC2f8KmGmVdEMsPf0OMoWBwAP5hDvzgMUv7Fvk4v1MpJA6E/s320/blogger.png
Blogger merupkan produk dari Google yang awalnya diperuntukan bagi mereka yang memang hobi menulis. Namun semakin berkembangannya teknologi dan semakin maraknya penggunaan internet, blogger sudah menjadi ladang mencari penghasilan bagi sebagian orang. Layanan yang diberikan pun gratis, tanpa dipungut biaya.
5. Google Translate
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEizqt66efv0oINjfk1VwdnY5Q-AOhRot4UqaHrVk5xJM9KbpINCd7Hu4pjiT8akjj-k1ZwXUHWudfGleum64RmkdcjZ6b0Rck2x_c03KusgAgFXI3-QCm5bUm3K_h2SEKmJwrRHoElwL9w/s320/gt.jpg
Pertama kali google translator muncul, hasil terjemahannya masih diremehkan. Berjalannya waktu, google translator memperlihatkan keakuratan yang termasuk baik. Google melakukan penerjemahkan dengan pendekatan yang disebut penerjemahan berdasar statistik. Penerjemahan demikian merupakan hasil penelitian Franz-Josef Och yang telah memenangkan kontes DARPA untuk kecepatan mesin terjemahan pada tahun 2003. Sekarang Och menjadi kepala departemen mesin penerjemah Google.
6. Google Maps
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzDPBADRr6BZOJAZuHGfElzCy76JgKqGZ_ZxMbt6TtxAkiziR8kp-HZLS5vNZR8PLoeVml2Mm_s4hHrUmB_dDroASkVZojCew3XyssPGX8UYtWGW6AuYsLOEIm1pO0CJjbtW_kZdl3WiI/s320/gm.jpg
Google Maps, sebuah jasa peta globe virtual gratis dan online disediakan oleh Google dapat ditemukan di http://maps.google.com. Ia menawarkan peta yang dapat diseret dan gambar satelit untuk seluruh dunia dan baru-baru ini, Bulan, dan juga menawarkan perencana rute dan pencari letak bisnis.
Bila Anda tersesat, jangan bingung. Manfaatkan saja Google maps agar Anda bisa mempelajari suatu lokasi. Google Maps bisa diakses melalui Laptop/pc maupun smartphone.
7. Google+
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinza5zP-wljUDkkFigvzZzVcCDSIubh_i7vWQPyJdUVTuAMhSYfUoceNUGvJyXhPLjjJmrHH7oWJWs5XVyr8uD9pyzWUDSf-gYU4l4MhyphenhyphenSx8V3pwevZSIYmuFZnkS2-x8s-55qiX5Zf_4/s320/g%252B.png
Google+ merupakan situs jejaring sosial besutan Google yang bisa dibilang hampir mirip dengan facebook. Meskipun belum mampu mengalahkan Facebook dan twitter, namun keunggulannya tidak bisa diremehkan. Google+ digunakan oleh beberapa kalangan seperti artis, presiden Barack Obama, pengusaha, dan masyarakat umum. Yang menjadi keunggulan google+ dibanding facebook yaitu live video call lebih dari satu orang, tidak terbatas berapa orang. Alicia Keys misalnya pernah menggunakan google+ untuk memperkenalkan album terbarunya kepada publik dengan google+.
8. Google Books
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOp8-xFRt4NVM_YJc4ZPrSeasDBU1ZIRzxXf67rSI6-hXviX0eVahlQYoYy3YYoxyBPbNxnqVB4fjWtsIhmJjEk3-o7h-nCcUvVEI4whOmYybLaDSspcia8bK5l6M9iX8YNXy6AS0tpGI/s320/gb.jpg
Pepatah mengatakan “Buku adalah jendela dunia.” Melalui buku kita bisa mendapat pengetahuan. Akan tetapi buku terbatas di bawa ke mana-mana, maka terciptalah google books. Google books seperti perpustakaan lengkap dalam semua bahasa. Walaupun google books mudah peggunaanya, namun masih ada saja kekurangan. Yaitu, tidak bisa di download secara gratis, untuk sekedar membaca anda tidak perlu membayarnya. Tapi untuk disimpan tidak bisa. Kecuali menggunakan aplikasi tertentu untuk menerobos sistem pertahanan google books.
9. Google Docs
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9lnV_UfCf9oiAWpM1_iC5FCTzR3f9wgaUp8DVnqXL5KXuyjcDs5Fq3jILksJ14KC6yP7ANlIMBSFYGDjvi3549VnduZ6sI-2ln4Z4R1tSlri3Xbn0iHAHjNa7NlXB7iLSwZg4_kMpTzQ/s320/gd.jpg
Google Docs adalah layanan pengolah kata, lembar sebar, presentasi, formulir, dan penyimpanan data berbasis web gratis dari Google. Layanan ini pertama kali diluncurkan pada 10 Oktober 2006 sebagai gabungan dua layanan: Writely dan Spreadsheets. Layanan presentasi diluncurkan pada 17 September 2007 sedangkan layanan penyimpanan data untuk berkas apa pun (hingga maksimum 1 GB per berkas) diluncurkan pada 13 Januari 2010.
Minggu, 09 Oktober 2016
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiC1oyPwPKXnmXzb6kirRLykECeZblvZIIhOdfAaINMKmQW-rgN5TWTOomFd9MetXeyug9rrSATVov3tlDKcU6lgM2wBgW6mGiMySzj5rv0b3E9VrsCpC9Tm8fJbMVZUqTrTMLUztdTSlk/s320/sistemcerdassistemcerdassistemcerdassistemcerdas.png


Apa itu sistem cerdas?
Sistem cerdas adalah suatu sistem yang dapat mengadopsi sebagaian kecil dari tingkat kecerdasan manusia untuk berinteraksi dengan keadaan eksternal suatu sistem lain.
Sistem cerdas menggabungkan fungsi penginderaan, aktuasi, kontrol untuk mendeskripsikan dan menganalisis situasi, serta membuat keputusan berdasarkan data yang tersedia secara prediktif atau adaptif sehingga dapat melakukan tindakan cerdas. Dalam kebanyakan kasus "kecerdasan" dari sistem ini dapat dikaitkan dengan operasi otonom berdasarkan kontrol perulangan tertutup, efisiensi energi, dan kemampuan jaringan.
Karakteristik sistem cerdas biasanya terdiri dari berbagai komponen:
- Sensor untuk akuisisi sinyal
- Elemen transmisi informasi ke command-and-control unit
- Command-and-control unit yang mengambil keputusan dan memberikan petunjuk berdasarkan informasi yang tersedia
- Komponen transmisi keputusan dan instruksi
- Aktuator yang melakukan atau memicu tindakan yang diperlukan


Sejarah dan perkembangan
Banyak sistem cerdas berevolusi dari Microsystems. Sitem cerdas menggabungkan teknologi dan komponen dari teknologi Microsystems (miniatur listrik, mekanik, optik, dan fluidic device) dengan disiplin ilmu lain seperti biologi, kimia, nanosains, atau ilmu kognitif.
Ada tiga generasi sistem cerdas:
Generasi pertama sistem cerdas: Perangkat pengenalan obyek, pemantauan status driver, dan perangkat multifungsi untuk operasi invasif minimal
Generasi kedua sistem cerdas: Organ buatan aktif miniatur seperti implan koklea atau pankreas buatan, sistem manajemen energi lanjutan, dan jaringan sensor lingkungan
Generasi ketiga sistem cerdas: Menggabungkan teknis "kecerdasan" dan fungsi kognitif sehingga sitem cerdas dapat menyediakan sebuah interface antara dunia virtual dan dunia nyata


Pengimplementasian
Sistem cerdas mengatasi tantangan lingkungan, sosial, dan ekonomi seperti sumber daya yang terbatas, perubahan iklim, penuaan populasi, dan globalisasi. Sistem cerdas semakin banyak digunakan dalam sejumlah sektor besar. Sektor penting dalam konteks ini adalah transportasi, kesehatan, energi, keselamatan dan keamanan, logistik, ICT, dan manufaktur.

Lingkungan.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjt5x26hommF_ipEL5zsiWPYKLDIl480Y6RZ-FT0aHAcSY-QhU1bQeq6-kwSda2Om1LGEyIkJjHXYXOA9NhtWXy5FC_CcqsAwMzEcsxR0LwqbgjZBkT3BZmNU0uv8vh73lqMn80KMjGnHo/s320/lingkungan.jpg
Dalam lingkungan, solusi cerdas untuk manajemen energi dan distribusi, kontrol cerdas perangkat listrik, logistik pintar, atau manajemen fasilitas hemat energi, yang pada tahun 2020 akan bisa mengurangi emisi global sebesar 23% atau setara dengan 9,2 Gt CO2e.

Sektor otomotif.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgDKncoj332bYOcSd_ncWOmW16ufwb60j2JkTpmsvWqRYDxlxw6QRP82SAKQz2Oa1IixDSnsjMAKQsZ2z44m0WewQe2gmT-pFvwrhVeHMbF8-TMjnUMF2tLTHQ2X0TQeM9jKYwGdLGRbcw/s320/safety.png
Di sektor otomotif, integrasi sistem cerdas akan menjadi peran utama untuk sistem pre-crash dan fitur bantuan prediktif pengemudi untuk mencapai tujuan dari Road Safety Action Plan untuk mengurangi separuh jumlah kematian lalu lintas pada tahun 2020. Selain itu, sistem cerdas dianggap mendasar untuk mobilitas yang hemat energi, misalnya seperti traksi hybrid dan listrik.

Internet of Things.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEidtrtv3PDTucssQRXepvmwj0g9QQCdaQFsvuulCNym0DUZK4GWpnBDPYf2dYNKFSe_8szY03_ENLgw1j2nuhrgaTxdLNyQcZnLuz9Z-RqLndbZaum6HAhYDLggKSeTyDjN5O3NM8Pkh4g/s320/iot.jpg
Sistem cerdas juga jauh berkontribusi pada perkembangan Internet of Things, sitem cerdas menyediakan fungsionalitas pintar untuk peralatan yang digunakan sehari-hari, misalnya untuk barang-barang industri dalam supply chain, atau produk makanan dalam supply chain makanan. Dengan bantuan teknologi aktif RFID, sensor nirkabel, real-time sense dan kemampuan respon, efisiensi energi, serta fungsionalitas jaringan, sebuah objek akan menjadi sebuah objek pintar. Objek pintar juga bisa mendukung orang tua dan orang cacat. Close tracking dan pemantauan produk makanan bisa meningkatkan pasokan dan kualitas pangan. Barang industri pintar bisa menyimpan informasi tentang asal, tujuan, komponen, dan penggunaan barang tersebut. Dan pembuangan limbah bisa menjadi proses daur ulang individual yang benar-benar efisien.

Persenjataan.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8n1u778PoCbui-IM9dehm4thKzTTL5-hxA5620JIhovbzMwYE8gXlknRqrN_5U5EGay3nlnNquQSaCG4DWLc8VPVHS54O5FaFADC1qQIjGoALtC8aT31Rp-anQPmw6oUfCLscUoIQmuw/s320/armatix.jpg
Armatix mengembangkan pistol yang menggunakan jam tangan RFID-active agar dapat berfungsi.

Kesehatan.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixMmJk2GThk8GUSIFMSMZBTKDWzvFKxokrTgKEOjJjTfME5O4QbvnQnCK_TknvPEs5bkr9kn2c539tHpTiyy8_YPIG7iJR_bvAJchttaRgWw1V0XZptnM5IMAez-w2LD-DiHdL-E4YdCI/s320/organ.jpg
Di sektor kesehatan, teknologi sistem cerdas menjadikan peralatan untuk bekerja lebih baik dalam diagnostik, pengobatan dan kualitas hidup yang lebih baik bagi pasien secara simultan mengurangi sistem biaya kesehatan masyarakat. Perkembangan penting di sektor ini adalah perangkat miniatur cerdas dan organ buatan seperti pankreas buatan atau implan koklea.

Misalnya, perangkat Lab-on-a-chip memiliki sensor biokimia yang mendeteksi penanda molekuler tertentu dalam cairan tubuh atau jaringan. sitem cerdas dapat mencakup beberapa fungsi seperti pengambilan sampel, persiapan sampel, dan sampel pra-perawatan, pengolahan data, dan penyimpanan, sistem implan yang dapat diserap kembali oleh tubuh setelah digunakan, sensor non-invasif berdasarkan prinsip transdermal, atau perangkat untuk responsif pemberian obat. Dalam perawatan kesehatan, sistem cerdas sering beroperasi secara mandiri dan dalam jaringan, karena sistem-sistem ini mampu menyediakan real-time monitoring, diagnosis, interaksi dengan perangkat lain, dan komunikasi dengan pasien atau dokter.


No comments:

Post a Comment